Saturday, July 23, 2011

{Learn More: FUROSHIKI}

Furoshiki. Mungkin nggak banyak orang yang tau ya.. apa atau siapakah si Furoshiki ini. Tapi kalo dilihat dari penulisan kata-katanya, pasti berasal dari Jepang. Yap! ini memang salah satu keterampilan yang berasal dari negara yang habis terkena tsunami itu.. (._.)

Furoshiki adalah kain pelapis tradisional Jepang yang fungsi utamanya adalah untuk membungkus barang-barang. Di awal kemunculannya di tahun 1600-an, furoshiki digunakan untuk membuntal alat-alat perlengkapan mandi dan pakaian di sebuah pemandian air panas di Jepang.


bento with furoshiki wrapping

Kalo masih pada susah ngebayangin furoshiki itu gimana, pernah liat gambar kartun Jepang kan? Di beberapa episodenya, pasti pernah liat Ninja Hatori bawa buntalan kain yang diselipin ke tongkat dan berkelana, gambar bekal yang dibungkus kain, atau gambar burung bangau membawa bayi dalam buntalan kain di mulutnya. Ya, itu adalah salah satu contoh furoshiki 
Dengan berjalannya waktu, furoshiki modern sudah menjadi salah satu metode wrapping yang sering digunakan untuk acara pernikahan (misalnya: untuk membungkus botol wine), dekorasi interior, atau bahkan untuk dijadikan kebutuhan sehari-hari seperti tas, tempat tisu, dan banyak lagi. Selain karena pengaplikasiannya yang praktis, warna dan motif dari kainnya juga bagus-bagus.

furoshiki variation
Membungkus barang-barang dengan menggunakan furoshiki seperti ini juga merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga lingkungan. Kok bisa? Karena "konsep" yang ditawarkan oleh furoshiki adalah penggunaan kain secara berulang. Jadi kita tidak perlu menambah sambah kertas pembungkus kan? 
Furoshiki bisa juga bisa jadi salah satu pilihan untuk gift-wrapping, asal kita pintar-pintar memilih warna dan motif kain yang bagus dan dipadu dengan kreasi ikatan-ikatan yang variatif. Dan ngga perlu pake kain khusus dari Jepang, Di Indonesia sekarang udah banyak kain-kain bermotif  kejepang-jepangan kok :D.
Benefit lain, setelah si penerima hadiah sudah membukanya, kainnya masih bisa disimpan untuk keperluan lain kan?
Oya, buat yang mau belajar teknik-teknik dasar membungkus dengan furoshiki, bisa liat  disini ya. Ada teknik membungkus dengan berbagai macam bentuk barang, mulai dari buku, botol, dan bekal.
Selain itu, furoshiki juga bisa dijadiin alternatif panik praktis dalam segala keadaan, seperti contoh-contoh di beberapa video ini
gambar dari salah satu video
dalam keadaan mendesak, dengan furoshiki kita bisa membuat hobo bag hanya dengan selembar kain

HAVE FUN, PEOPLES..
make yourself fabulous by doing something fresh ;)
*happy weekend epribodeh*
 

No comments:

Post a Comment

Thanks for your lovely "voices" here.. Have Fun :)