Friday, August 19, 2011

{Money & Butterfly}

Butterfly..
Well you landed on my mind
Actually landed on my ear but you crawled inside
And now I see you perfectly behind closed eyes
I wanna fly with you
But I don't want to lie to you.. 
(Butterfly -Jason Mraz)
Sepenggal lirik dari Jason Mraz yang aku denger tadi pagi, pas banget sama postingan kali ini. Hehehe.
Hari ini aku bakalan ngajak kalian bermain bersama lagi.. daripada bosen nungguin THR yang belum keluar juga :D

Oke, sebelumnya aku mau nanya dulu deh.. kalo aku tanya, "Apa yang ada di bayangan kalian kalo aku bilang 'kupu-kupu'?"
Beberapa pasti ngebayangin binatang terbang bersayap cantik. Tapi kalau aku, aku bakal membayangkan selembar uang :p
Kok bisa? Ya.. karena dari selembar uang kertas, kita bisa membuat seekor kupu-kupu cantik (walopun nggak bisa terbang..) seperti  ini...

menyulap uang kertas jadi kupu-kupu :)


Penasaran cara buatnya? Yuk.. mari kita merapat bersama..
Yang perlu disiapin cuma selembar uang kertas dan jari-jari kamu yang super-ajaib  ;)


kalo butuh format pdf-nya bisa hubungi aku ya, nanti aku kirim :)

 1. Siapin selembar uang kertas. Nominal berapa aja boleh..
 2. Lipat menjadi dua, di sumbu tengah uang kertas
 3. Lipat bagisan atas uang ke bagian dalam, sehingga hasil lipatan menjadi bentuk segitiga seperti pada gambar
 4. Lipat bagian yang tersisa pada uang ke arah dalam
 5. Buka uang kertas ke posisi awal dan perhatikan garis-garis lipatan yang telah dibuat (pada gambar aku kasih petunjuk "garis tengah" dan huruf "a")
6. Lipat garis-garis "a" ke arah sumbu garis tengah uang kertas, sehingga tampilan uang terlihat seperti pada gambar. Perhatikan petunjuk huruf "a" dan "b"
7. Lipat bagian "a" ke "b"
8. Kemudiam, lipat uang menjadi dua bagian.
9. Hasil lipatan no.8
10. Lipat bagian bawah uang ke arah dalam, sehingga lipatan membentuk segitiga
11. Buka lipatan dan dorong hasil lipatan ke dalam
12. Hasil lipatan no.11, terlihat bentuk lipatannya seperti rumah-rumahan
13. Lakukan pada sisi baliknya.
14. Lipat sisi segitiga ke atas
15. Buka lipatan segitiga tersebut, kemudian lipatlah bagian-bagian atas uang seperti  pada gambar
16. Buka tekukan pada lipatan no.15 dan kemudian lebarkan
17. Hasil setelah lipatan dibuka dan dilebarkan. Sudah mulai terlihat sayapnya kan? :)
18. Kemudian, supaya tidak terlalu flat, tekuk sedikit bagian tengah sayap dengan tekukan "zigzag"

..and this is it! Kupu-kupu cantik dari Uang kertas a la kamu ;)


Selamat Bermain ya.. :)
Have a nice weekend, peoples 
*smoochieeesss :*


6 comments:

  1. ya ampun, hihihihi.. aku baca post ini tengah malam dan spontan cari uang kertas untuk langsung praktek. konyol ya? hahahaha :))

    ReplyDelete
  2. huhuhu.. terharu baca komennya T~T
    makasi ya.. udah mau coba tutorialnya.. bisa kan? :)

    ReplyDelete
  3. hihi.. syusyah.. *atau akunya aja yang jari2nya kaku? :p

    kalo aku, baca postingan ini di kantor.. *dan jam kantor pulak* terus langsung ngerogoh dompet dan bikin.. :D jadinya kok ga kya yang di sini yaaa? hihi..

    ReplyDelete
  4. aurora: yg ini emang agak susah.. mestinya klo liat video pasti lbh gampang ngikutin :) ntar aku posting tutorial melipat uang yg simpel2 ya biar kmu bisa ngikutin ;) sering2 main kesini ya, hehhe

    ReplyDelete
  5. izin share ya.. :) eh btw, nama panggilannya siapa sih? aku masukin blogku ya.. tapi blogku sih cuma "tempat sampah", bukan crafty things like yours.. :)
    ada di sini postingannya.. :)
    http://pipie.wordpress.com/2011/11/18/melipat-uang-kupu-kupu/
    thank you..

    ReplyDelete
  6. boleh.. dg senang hati :) nama panggilanku? Novy.
    segera meluncur ke TKP;)

    ReplyDelete

Thanks for your lovely "voices" here.. Have Fun :)